Rabu, 08 Agustus 2018

Perbedaan Tombol Cue Dan Hot Cue Di Virtual DJ 8


Perbedaan Tombol Cue Dan Hot Cue Di Virtual DJ 8 : Sama halnya seperti pada CDJ, tombol Cue dan Hot Cue di Virtual DJ 8 juga memiliki fungsi yang sama yaitu menentukan titik atau point pada musik atau lagu yang dimainkan untuk diulang kembali sewaktu-waktu. Namun aplikasi ini kedua fitur tersebut tentunya memiliki perbedaan yang perlu kalian ketahui, yaitu sebagai berikut :

Cue : Berfungsi untuk menghentikan lagu yang dimainkan dan mengembalikannya ke Cue Points yang terakhir kali kita set ketika di klik (secara Default akan berada pada awal intro lagu jika tidak di set sebelumnya). Sehingga berbeda dengan tombol “STOP” yang akan membuat lagu berhenti dimana saja ketika kita menekannya.

Hot Cue(s) : Fungsi tombol ini ialah memberikan tanda pada bagian lagu yang sekiranya dianggap Hot atau ingin kalian pergunakan kembali nantinya. Terdapat 8 tombol HotCues yang bisa kita gunakan untuk memberikan beberapa tanda pada lagu yang sedang kita mainkan.Jika kita menekan salah satu tombol yang telah kita tandai, maka lagu tidak akan berhenti, melainkan akan tetap berjalan namun kembali di Cue Point yang sudah kita tentukan sebelumnya.

Dalam aplikasi dj virtual ini, terdapat dua cara yang dapat kita gunakan untuk menentukan “Cue Points” yang diinginkan. Adapun cara yang pertama yaitu dengan menekan pilihan tombol “HotCues” pada titik musik yang diinginkan (ada pilihan tombol angka 1 sampai dengan 8) dan menekan tombol tersebut untuk memainkan lagu di titik yang telah ditandai.

Sedangkan cara yang kedua adalah menggunakan shortcut yang ada di keyboard. Untuk lebih jelasnya silahkan simak panduan lengkap kedua caranya di bawah ini.

1. Membuat Cue Points di Virtual DJ Menggunakan Mouse

Pertama-tama tentukan terlebih dahulu di bagian mana yang ingin kita berikan tanda pada lagu sedang dimainkan.

Kemudian Klik kiri pada Angka Tombol Hot Cues (1 sampai dengan 8) hingga tombolnya menyala.

Jika tombolnya menyala, itu berarti kita sudah meletakkan tanda pada lagu tersebut yang bisa kita gunakan nantinya.

Jika kita mengklik tombol Hot Cue yang menyala tadi, maka lagu yang kita mainkan akan kembali berjalan dari titik tersebut.

2. Membuat Cue Points di Virtual DJ Menggunakan Keyboard

Bagi pemula yang baru belajar menggunakan Virtual DJ 8 mungkin masih jarang yang mengetahui jika kita dapat menggunakan keyboard untuk mengatur Cue Point dan juga memainkannya. Adapun cara untuk melihat shortkey yang ada di Keyboard ialah sebagai berikut :

Klik icon berbetuk Gear yang ada di pojok kanan atas (SETTING) atau bisa juga dengan menekan tombol SHIFT + ESCAPE.

Selanjutnya pilih menu CONTROLLERS.

Jika kita tidak menggunakan alat DJ Controller maka secara Default pilihan yang tersedia hanya Keyboard.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar