Rabu, 15 Agustus 2018

Tutorial Cara Bikin Lagu Dengan FL Studio Terbaru


Tutorial Cara Bikin Lagu Dengan FL Studio Terbaru : Kemudian kita klik tanda plus(+) bakal muncul sebuah tampilan kolom dimana kita bisa mengetik nama pattern yang kita inginkan. Sebagai contoh kita akan memberikan nama “Drum 2” di pattern yang kedua ini. Kita bisa memberi nama pattern tersebut sesuka hati. Dan setelah sudah semua dan oke, tekan ‘Enter’.

Apabila sudah benar, pada ‘step sequencer’ yang sebelumnya terisi oleh ‘Pattern 1’ bakal kembali kosong. Mungkin kalian heran, kemana perginya ‘Pattern 1’?

Kalian tenang saja, ‘Pattern 1’ yang kita miliki tadi itu hanya bersembunyi sebab kita sudah membuka ‘Pattern 2’. Dan sekarang kita bisa isikan ‘step sequencer‘ seperti pada langkah-langkah yang sudah dijelaskan pada penjelasan sebelumnya.

Dalam membuat beat(ketukan) kita dapat mengatur besar dan juga kecilnya kick drum ataupun bass drum serta yang lainnya dengan mengatur efek (effect) bunyi atau suara serta ada banyak pilihan channel sesuai dengan selera kamu masing”.

Jadi kalian bisa bebas memilih pilihan channelnya mau yg mana, pilihan channel tersebut ada pada channel setting pada mixermaster seperti yang ada di gambar berikut ini.

Membuat Melody Dan Bass Di Piano Roll

Sekarang kita akan melukis(cie elah,melukis, tapi emang bahasanya begitu sih ) dengan fitur bernama “Piano Roll”. Fitur ini diklaim sebagai fitur yang menjadi unggulan dari aplikasi FL Studio, sebab fleksibilitasnya yang tinggi dibandingkan dengan piano roll di Digital Audio Workstation lainnya.

Dengan begitu kita bakal diberi kemudahan serta kecepatan buat menyelesaikan lagu yang bakal kita buat. Disamping itu kita dapat membuat cord piano di FL Studio menggunakan piano controller (ini hanya bagi yang emang udah punya alatnya ya).

Pastinya kamu bertanya-tanyakan Apa itu “Piano Roll” yang daritadi disebutin di paragraf sebelumnya? Piano Roll mempunyai fungsi yang hampir sama dengan Keyboard editor, tetapi dengan piano roll ini semuanya bakal jauh lebih mudah untuk dilakukan terutama bila kita hemdak membuat nada untuk lagu yang akan kita buat. (dalam piano roll sendiri itu kita juga bisa membuat nada drum dan juga yang lainnya)

Kesimpulan Tentang FL Studio

Dasar untuk membuat nada beat(ketukan) dengan FL Studio telah kita bahas, sisanya tinggal kreatifitas dari diri kita masing-masinglah yang nantinya berbicara mengenai seberapa baguskah lagu yang bakalan kita produksi/ciptakan.

Bagi pemula, kami menyarankan kamu mempelajari cord-cord dasar piano secara pelan-pelan terlebih dahulu dan juga mengerti konsep dari tangga nada musik itu sendiri. Jika kamu serius mau menjadi seorang pencipta lagu yang handal, sebaiknya kamu sedikit mempelajari dasar/basic untuk memainkan keyboard atau piano.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar