Kamis, 02 Agustus 2018

Alasan Kritik Musik Itu Penting


Alasan Kritik Musik Itu Penting : Kenapa kritik musik penting? Ibarat DPR sebagai legislatif yang mengiringi sepak terjang pemerintah sebagai eksekutif agar tidak bekerja sesuka hati, kritik musik adalah pengingatagar musik tidak dibuat sesuka hati. Kritik musik bertugas menjaga kualitas musik yang ada. Meminjam istilah Suka Hardjana, dalam musik, ada korelasi antara kritik dan apresiasi. Kritik musik akan memicu adanya apresiasi yang lebih baik dari para penikmatnya.

Kurangnya kritik musik berkorelasi dengan faktor kedua yang menjadikan industri musik Indonesia sekadar jualan showbiz. Industri musik (pop) Indonesia merasa aman karena tidak ada legislatif yang mengkritisinya, ia jadi jalan sesuka hati. Tidak peduli dengan 9 fungsi pokok lain dari musik dan sekadar jualan hiburan.

Hal ini dapat dilihat dengan awetnya perilaku lip-sync dan minus one di acara musik televisi yang sudah hampir sewindu berlangsung. Atau simak bagaimana aksi Duo Serigala yang menghebohkan kancah musik nusantara karena goyang dribble yang sensual, bukan olah vokal cengkok dangdut yang aduhai.

Akhirnya masyarakat luas hanya menjadi masyarakat penonton, tidak terlalu peduli dengan apresiasi lebih. Yang bisa mereka lakukan hanya marah-marah di media sosial tatkala mengetahui lagu Pusing Pala Barbie dari grup Putri Bahar ternyata sangat mirip dengan tembang populer Meghan Trainor All About That Bass. Ini dikarenakan kurangnya kritik musik yang komprehensif menggugat industri musik dan artist yang berkarya di jalurnya.

Refleksi

Musik adalah instrumen penting bagi kehidupan berbangsa. Kenapa? Karena musik mengajarkan kita agar mengolah nalar dan rasa, dua hal yang penting dalam menumbuhkan keharmonisan dalam hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar