Selasa, 07 Agustus 2018

Musik Bisa Jadi Pengaruh Untuk Diri Menjadi Lebih Sehat


Musik Bisa Jadi Pengaruh Untuk Diri Menjadi Lebih Sehat : Musik juga berkaitan dengan kesehatan. Kekuatan yang dimiliki musik mempengaruhi denyut jantung dan tekanan darah sesuai frekuensi, tempo, dan volumenya. Ketika tempo dalam musik melambat secara otomatis denyut jantung ikut melambat dan tekanan darah menurun, sehingga pendengar pun ikut dalam suasana rileks dan tenang. Sedangkan ketika musik dengan tempo cepat, secara psikologis dapat meningkatkan adrenalin, tingkat produktivitas, motivasi, serta gerak seseorang.

Musik sangat mempengaruhi sistem saraf otonom pada manusia. Sistem saraf otonom adalah bagian sistem saraf yang bertanggungjawab mengontrol tekanan darah, denyut jantung dan fungsi otak. Sistem inilah yang mengendalikan perasaan serta emosi manusia, sehingga seseorang yang tadinya gamang, frustasi, marah yang mengakibatkan otot-otot menegang menjadi lebih rileks dan tenang secara fisik dan mental.

Menumbuhkan kecerdasan otak manusia dapat juga melalui kegiatan mendengarkan musik. Anak-anak yang gemar belajar musik diketahui memiliki IQ lebih tinggi dibandingkan anak-anak yang tidak belajar musik, sehingga anak yang gemar belajar musik cepat memahami pelajaran yang diberikan oleh guru. Menurut penilitian, anak usia berusia 4-5 tahun yang gemar bermain musik memiliki kemampuan kognitif yang kuat saat dewasa kelak. Musik juga dipercaya dapat mencegah kehilangan daya ingat dengan cara memperbaiki kerusakan otak ringan sehingga dapat menggali ingatan masa lalu. Para peneliti menyebutkan bahwa seseorang yang kehilangan daya ingat dapat peka merespon lebih baik terhadap jenis musik kesukaannya. Namun bagi manusia normal, mendengarkan jenis musik lebih dari satu diyakini dapat memiliki kecenderungan lebih cerdas. Kreatif dan memiliki pemikiran yang terbuka.

Motivasi seseorang juga dapat dipengaruhi oleh musik. Dengan mendengarkan musik, seseorang yang tadinya tidak bergairah melakukan pekerjaannya menjadi bergairah untuk menyelesaikan tugas-tugasnya maupun melakukan aktivitas yang lain. Misalnya, seseorang yang sedang lesu dan tidak bersemangat bisa saja bersemangat kembali ketika mendengarkan lagu bernuansa riang ataupun lagu yang membakar semangat. Begitu pula sebaliknya.

Dapat disimpulkan bahwa musik memang amat berpengaruh dalam kondisi suasana hati seseorang, sehingga selain mencerdaskan pikiran, musik juga mampu memahami emosional manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar