Selasa, 31 Juli 2018

Musik Sebagai Media Untuk Meningkatkan Intelegensi Seseorang


Musik Sebagai Media Untuk Meningkatkan Intelegensi Seseorang : Ritme-ritme nada yang ada pada musik mampu melakukan rangsangan terhadap otakmanusia, di mana  manusia memiliki bagian otak sebelah kanan berkaitan dengan kecerdasan, perkembangan artistik dan kreatifitas, bahasa, musik, imajinasi, warna, pengenalan diri, sosialisasi, serta pengembangan kepribadian. Dengan begitu hal ini dapat meningkatkan fungsi kinerja otak menjadi lebih optimal. Musik jazz misalnya, di mana genre musik jazz telah dipercaya mampu mempengaruhi perkembangan saraf-saraf otak (baik kanan maupun kiri). Ritme teratur yang dihasilkan genre musik ini mampu berperan dalam pematangan otak kiri dan kanan dan efek yang dihasilkan dalam proses tersebut adalah timbulnya perasaan, emosi, persepsi, ekspresi, serta kesadaran yang baik.

Efek nyaman dan tentram yang dihasilkan dari alunan musik akan mampu membuat otak kita bekerja lebih prima dan lebih optimal, sehingga dengan begitu akan dapat berpengaruh positif pada :

Sebagai media komunikasi dalam hubungan sosial bermasyarakat

Musik merupakan bahasa universal yang mampu menciptakan perdamaian, solidaritas kemanusiaan, serta dapat memadukan adanya perbedaan-perbedaan. Hal ini akan dapat mendukung terciptanya suatu media komunikasi di antara sesama manusia. Musik telah menjadi bahasa pergaulan serta media komunikasi dalam kehidupan manusia, meskipun mereka berasal dari bangsa yang berbeda-beda. Musik merupakan media komunikasi bisa lebih mudah dipahami, meskipun kita tidak memahami bahasa dari musik yang kita dengarkan. Contoh nyata yang bisa kita dapatkan dari musik sebagai media komunikasi adalah musik mampu mewakili perasaan yang ingin kita sampaikan kepada orang lain, misalnya ungkapan rasa rindu, rasa cinta, rasa kecewa, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar